Kunang-Kunang (Forum Indonesia Muda)

Senin, Mei 30, 2016

Keluarga Kunang-Kunang

Forum Indonesia Muda (FIM) merupakan sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda dan mahasiswa dari berbagai aktivitas, universitas maupun lembaga kepemudaan, dari seluruh Indonesia; dengan cita-cita bersama membangun bangsa dengan semangat kontribusi bersama. Forum ini dibuat sebagai sarana peningkatan kompetensi pemuda dan mahasiswa dalam rangka menyiapkan pemimpin masa depan dan wadah silaturahmi untuk membangun kontribusi bersama.
(forumindonesiamuda.org)


Bersanding bersama 165 Pemuda dan Pemudi dari Aceh sampai Papua membuatku merasa begitu bersyukur. Banyak teman seperjuangan yang ingin menjadi bagian dari keluarga Kunang-Kunang ini, namun sebagian besar harus menunggu sampai mendaftar berkali-kali sampai kesempatan itu datang.
 
Bahkan terdapat ungkapan dari Bapak kita bersama di FIM yaitu pak E menegaskan, jangan sampai menyerah jika belum mencoba sebanyak 21 kali. Mengapa 21 kali, ini ada filosofinya lhoo. Intinya jangan sampai menyerah dan kalah sebelum mencoba terus menerus. Gagal, coba lagi dan lagi. Karena gagal hanyalah sebuah cerita lain dari sebuah kesuksesan yang menunggu untuk diperjuangkan kembali. Jadi jangan pernah menyerah dan lelah untuk terus mencoba.

Hinduism squad

Kak Retno, Ara, Widia


Sesampainya aku di Wiladatika PPON Cibubur malam itu, aku sudah disambut teman-teman yang akrab di panggil teman Api Ekspresi #2. Sebelumnya kita sudah saling berdiskusi panjang dan terencana di grup sosial media. Sampai pada akhirnya kita dipertemukan setelah sekian lama hanya berbincang lewat kata-kata. Rasanya begitu kagum dengan segudang prestasi dan latar belakang peserta pelatihan FIM 18 ini. Ketua BEM Universitas dan Fakultas, Pendiri Start-Up, Penyiar Radio terkenal, Dosen, Pengusaha, Penulis, Pendiri Yayasan, Kepala Desa, Mahasiswa Berprestasi, Olimpiade hunter sampai Penerima Beasiswa untuk kuliah ke jenjang lebih tinggi. Semuanya memiliki kepribadian seorang Pemimpin dan tidak enggan untuk bercerita tentang kesibukan mereka serta saling menginspirasi membuka pintu kolaborasi.


Adapun beberapa kegiatan kita selama pelatihan FIM 18 adalah sebagai berikut.

Public Seminar


Selepas menginap selama satu malam di Wiladatika, kami menuju Balai Sarbini, Jakarta untuk mengikuti Public Seminar. Dalam seminar ini diisi oleh beberapa pendiri Start-Up dan Juga dari pihak Kementerian serta yang menjadi primadona adalah kang Ridwan Kamil yang ikut menginspirasi kita dengan berbagai kegiatan beliau dan juga rencana-rencana membangun Bandung kedepannya.




Tempat yang aku nantikan dan tempat yang orang-orang kagumi, tempat yang aku idam-idamkan rasanya masih tidak percaya dapat aku miliki saat dahulu teman-teman menceritakan begitu luar biasanya atmosphere berada diantara peserta FIM. Begitu menggebu dan tetes air mata jatuh dahulu ketika proses pendaftaranku yang penuh dengan drama haha.


Forum-Forum Dengan Pembicara yang Menginspirasi


Semangat baru, motivasi baru dan cara berpikir yang berbeda aku dapatkan dari setiap sesi dalam forum ini. antusiasme yang tidak hanya ditunjukkan oleh para peserta namun juga oleh para inspiring leaders yang hadir. Pengusaha, Petani yang menginspirasi, Pemimpin, Penulis, Wirausaha Muda, Orang yang Berpengaruh di Negara kita, Pendongeng terkenal, Traveler yang menginspirasi sampai orang-orang yang telah berprestasi dan mendedikasikan diri untuk Bangsa dibidang olahraga dan juga hal-hal yang mungkin luput dari perhatian kita yaitu berkarya dan menghasilkan sesuatu lewat sampah. 
 
Berprestasi di dalam dan luar negeri membawa nama baik Indonesia. Percaya atau tidak setiap forum membuat kita menyadari dan semakin kuat rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia. Semakin menyadari bahwa memang potensi bangsa kita yang luar biasa. Patut kita lestarikan dan kembangkan, sebagai generasi muda yang nanti akan menjadi generasi penerus bangsa kita dilatih benar-benar peka terhadap permasalahan bangsa dan bagaimana dapat melibatkan diri didalamnya agar bersama-sama nantinya membuat perubahan. Maka dari itu disinilah pentingnya kita kolaborasi sejak dini demi masa depan bangsa yang kita cita-citakan. Tujuan FIM begitu mulia mempertemukan kita dengan pemuda-pemudi penuh dengan semangat perjuangan mulai dari Sabang sampai Merauke. Banyak hal yang dapat aku pelajari dari setiap pertemuan dengan mereka.

Proyek Komunitas


Proyek ini adalah langkah nyata yang akan kita kerjakan bersama-sama. Tidak hanya peserta FIM 18 yang akan terlibat tetapi juga angkatan FIM sebelumnya ikut berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama yaitu memberikan kebermanfaatan bagi lingkungan kita. Bukanlah perubahan besar yang ingin kita capai sekarang namun kebermanfaatan yang mungkin terlihat kecil namun memberikan manfaat secara nyata. Beberap proyek komunitas sedang kami kerjakan mulai dari bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan juga pelestarian budaya. 
 
Proyek ini juga dapat mempersatukan kita dalam perbedaan. Tak mengenal dari suku, agama, dan daerah mana kita berasal. Kita adalah satu Bangsa Indonesia tergabung dalam keluarga Kunang-Kunang. Banyak hal baik yang datang dan tak pernah absen untuk senantiasa menginspirasi setiap perjalanan teman-teman seperjuanganku di FIM.








Outbound Seruuuu


Kegiatan outbound dilaksanakan dari pagi hari sampai siang hari. Terdapat 10 pos outbound yang seru dan sangat menarik. Mengasah kemampuan kepemimpinan, manajemen strategis, kebersamaan, kekompakan, dan kecekatan serta ketangkasan kita dalam melewati setiap tantangan di setiap pos yang harus kita lalui. Begitu menyenangkan penuh dengan tawa dan canda, semuanya begitu ceria dan bersemangat. Sorak riang gembira diperlihatkan setiap peserta pelatihan pagi itu membuat suasana hatiku begitu senang.







Api Ekspresi


Beberapa orang bertanya apa itu Api Ekspresi, ini adalah sesi dimana kita menampilkan kolaborasi kita dalam cerita yang sudah ditentukan temanya jauh hari sebelumnya. Sehingga kita yang tergabung dalam kelompok Api Ekspresi mempersiapkan diri jauh hari walaupun masih dalam konsep untuk menampilkan dan mengekspresikan diri dalam sebuah penampilan budaya dan seni dalam sebuah rangkaian cerita kolaborasi. Dengan latar belakang yang berbeda dan daerah yang berbeda menyebabkan kita bersatu dalam satu cerita yaitu engekspresikan diri di Api Ekspresi malam itu penuh dengan antusias dan semangat untuk menampilkan yang terbaik dari kita. 
 
 


Olimpiade FIM


Olimpiade ini berlangsung selama 2 hari mempertemukan seluruh angkatan dalam satu acara yaitu olimpiade Forum Indonesia Muda. Olimpiade ini tidak diadakan setiap tahun sehingga sangat istimewa terdapat acara dimana seluruh angkatan dan FIM Regional bertanding dalam beberapa perlombaan menjadi kontingen regional dan berusaha menjadi yang terbaik. Tujuan kita bukanlah mencari seorang pemenang namun intinya semua senang. 
 
Semua dapat menikmati kemeriahan olimpiade fim yang hanya berlangsung selama 2 hari ini. walaupun hanya 2 hari, atmosphere olimpiade begitu lekat dihati. Kebersamaan, kedekatan satu sama lain, dan kekompakan kita semakin erat. Rasa kekeluargaan semakin erat dan kuat diantara kita. Tidak hanya sesama FIM angkatan 18 namun juga FIM angkatan diatas kita. 
 




Begitulah pelatihan selama satu minggu yang aku jalani di PPON Cibubur. Banyak kesan, cerita, dan kebaperan yang timbul setelah mengikuti pelatihan Forum Indonesia Muda. Seminggu bukanlah waktu yang cukup untuk kita saling mengenal satu sama lain. Seminggu bukanlah waktu yang cukup untuk menginspirasi dan diinspirasi oleh semua peserta FIM18. 
 
Namun singkatnya waktu yang kami jalani dapat memberikan ukiran kenangan indah yang tidak pernah terlupakan dan selamanya menjadi keluarga Kunang-Kunang. Keluarga yang akan selalu ada kemanapun kamu pergi. Senang rasanya menjadi bagian darimu, kini langkah kakiku sudah kembali berpijak di tanah kelahiranku. Berjuang untuk lebih baik lagi menata goresan-goresan mimpi yang sudah menunggu untuk segera diwujudkan. 
 
Setelah hadirnya inspirasi yang datang menerangi aku harap menjadi penerangku menuju aku yag lebih baik. Terima kasih Forum Indonesia Muda.




#FIMSick
















You Might Also Like

0 komentar

Paling Banyak Dibaca

Subscribe