Mengapa Kalian Harus Menjadi Keluarga GMB ?

Sabtu, Mei 28, 2016


Tepatnya tahun 2015 pertama kalinya saya mengenal GMB dari seorang teman di salah satu media sosial. Segala aktivitasnya selama mengikuti Youth Adventure and Youth Leaders Forum serta selepas forum membuat saya begitu terinspirasi sekaligus penasaran dengan program ini. Sampai pada akhirnya saya mengikuti seleksinya dan bersyukur dapat menjadi GMBer angkatan ketiga. Jika ingin tau pengalaman saya selama YA dan YLF serta proses seleksinya bisa buka post di blog sebelumnya.




Apa Itu GMB ?

Gerakan Mari Berbagi, banyak yang bertanya “apanya yang dibagi dik ?” kita berbagi kebaikan.

Gerakan Mari Berbagi (GMB) dimaksudkan untuk mendorong dan mengarusutamakan sikap mental dan perilaku untuk memberi dan berbagi (giving back values), sehingga makin banyak pola pikir para pemimpin bangsa ini yang mengacu pada “Apa yang bisa saya lakukan untuk membuat diri saya, keluarga saya, lingkungan saya, masyarakat dan bangsa saya menjadi lebih baik” dan bukan hanya terpaku mengeluh dan protes tanpa memberikan solusi yang konstruktif. GMB adalah gerakan moral untuk mengajak, mendorong dan memberi bukan mencaci maki tanpa solusi terhadap tantangan dan persoalan yang ada disekitar kita (www.g-mb.org).

GMB hanya menerima 50 Pemuka Pemuda Indonesia setiap tahunnya sehingga untuk melalui seleksinya tidak hanya diperlukan kemampuan akademik yang mumpuni tetapi juga “Apa yang telah kalian berikan bagi lingkungan kalian selama ini ?”. Bukan kalian yang hanya dari kampus ternama di Indonesia, namun kalian yang mempunyai potensi pemimpin masa depan bangsa untuk membawa perbaikan di masa yang akan datang.

Berikut hal-hal yang bisa didapatkan ketika bergabung dengan GMB. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Jaringan yang luas

Manfaat ini saya tulis paling pertama karena memang paling berdampak bagi saya pribadi. Bukan jaringan internet atau telfn tetapi lebih dari itu, Berjejaring berkesempatan untuk bertemu dan berkolaborasi dengan berbagai macam karakter dan Pemuda-Pemudi dari seluruh Nusantara dengan latar belakang yang dapat menginspirasi setiap perjalananmu. Bukan tidak mungkin kalian dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan, sehingga saat kalian bertemu dengan pemuda dari daerah yang berbeda dapat menambah wawasan tentang suku, budaya dan lainnya di daerah tersebut walaupun kalian belum pernah berkunjung ke tempat/daerah itu. Informasi tentang apapun itu semakin mudah untuk diakses bahkan informasi mengenai pekerjaan dan kesempatan untuk melajutkan kuliah dengan beasiswa sampai informasi tempat wajib yang harus dikunjungi di daerah GMBers masing-masing. 

Widia, Steven, Dinda, Devita
Berbagi dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Inilah hal yang membedakan GMB dengan komunitas/forum lain. Dalam Youth Adventure kalian akan melakukan perjalanan tak terlupakan, atau mungkin ini adalah kali pertama dan terakhir yang akan kalian rasakan dalam hidup. Momen dimana melakukan perjalanan tanpa uang yang cukup dan harus menumpang, berjuang untuk dapat sampai ditempat tujuan tepat waktu, dan pastinya momen dimana kalian akan mengenal diri-sendiri lebih dalam belajar untuk bertoleransi dan peka terhadap lingkungan. Merasakan makna hidup sebenarnya. Saya yakin pada saat YA adalah saat-saat yang tidak akan pernah terlupakan, pengalaman, pelajaran hidup, dan melihat dengan mata batin yang paling dalam akan nilai peduli terhadap sesama serta bersyukur akan nikmat-Nya. 

Salah satu IL favoriteku muda, beda, dan berprestasi (Kak Kiki)

Bertemu Dengan Inspiring Leaders

Percaya atau tidak dengan hanya bertemu dengan idolamu maka semangat dan motivasi hidup akan semakin meningkat. Di Youth Leaders Forum kalian akan bertemu dengan puluhan Inspiring Leaders dari berbagai kalangan mulai dari Pemimpin Negara, Motivator, Penulis, Pendiri Yayasan, Pengusaha, Pendiri Start-Up, Artis Berprestasi sampai Pemuda Pembawa Perubahan. Semuanya akan berbagi kepada kalian dengan cara yang berbeda. Memberikan pandangan tentang kesuksesan, motivasi untuk menggapai mimpi, sampai pada hal-hal yang pastinya diluar ekspektasi kalian. Membakar semangat untuk terus berprestasi. Jangankan Inspiring leadersnya, peserta YA & YLF saja sudah akan membuat tidur kalian tidak tenang jika tidak berprestasi #Ehh

ON TIME

Ini adalah bagian yang paling saya sukai, tepat waktu. Terkesima dan Kagum !

Semua acara yang telah panitia berikan kepada saya dan teman-teman tahun lalu benar-benar dilaksanakan sesuai yang tertera pada susunan acaranya. Tidak ada kata telat sama-sekali. SAMA SEKALI. Hal ini juga berlaku bagi Inspiring Leaders. Sungguh mencengangkan, para Inspiring Leaders yang hadir bahkan beberapa menit sudah datang untuk mengisi materi pada Youth Leaders Forum. Hal ini yang membuat saya benar-benar kagum dan terinspirasi. Sebagai peserta juga kita diwajibkan untuk bangun pagi-pagi berolahraga bersama dan lanjut menuju ruangan setelah bersih-bersih serta sarapan. Belajar untuk DISIPLIN dan MANAJEMEN WAKTU yang baik. Akan ada hukuman bagi peserta yang telat hadir dalam forum. Walaupun hanya terpisah duduk dari peserta ainnya, hukuman ini benar-benar membuat peserta jera. Malunya minta ampun dan pastinya tidak akan mengulangi kebiasaan telat lagi. Disinilah kita dapat belajar sebagai peserta pilihan dari ratusan pendaftar harus benar-benar menunjukkan jika peserta terpilih layak untuk duduk diantara 50 peserta terpilih lainnya.

Komitmen

Jengjeng… diantara semua GMBers mungkin kata-kata ini tidak asing lagi. YES.. sebuah slogan yang menguji diri kita untuk terbiasa “Tidak Umbar Janji”. Sekali lagi “TIDAK UMBAR JANJI”. Sebagai pemuda dengan semangat yang membara terkadang banyak saya temui orang-orang dengan mudahnya berjanji terhadap suatu hal namun tidak bertanggung jawab. Di GMB, kalian akan diajarkan arti sebuah komitmen dan integritas yang tinggi. Dua hal yang harus kalian tanamkan dalam diri agar menjadi Pemuda berkualitas tidak hanya bernarasi saja. Sehingga apapun tanggung jawabmu tuntaskanlah sesuai amanah dan janjimu sehingga kepercayaan yang diberikan oleh siapapun itu tidak akan pernah runtuh. Di GMB kalian akan melihat bagaimana komitmen itu akan mengantarkan pada jalan kesuksesan.

Hal ini tidak hanya berlaku di dunia professional kerja, organisasi perkampusan, namun disemua elemen aktivitas sehari-hari. Termasuk janji untuk menemani teman fotocopy tengah malam misalnya ? hehe

Mentor Yang Hebat dan Menginspirasi

Setelah mengikuti YA dan YLF kalian akan tergabung dalam keluarga GMB, jadi tidak akan dilepas begitu saja. Di GMB terdapat Mentor yang bisa menjadi tempat kalian untuk “curhat” masalah apapun itu, bahkan Mentor akan membantu setiap jalan yang kalian tempuh, seperti berlatih untuk seleksi beasiswa, bahkan GMB memberikan rekomendasi untuk kalian mencari besiswa, seleksi wawancara kerja, berlatih untuk presentasi yang baik dan benar, cara mengimplementasikan proyek dengan baik dan benar, motivasi sehari-hari sampai curhat tentang jodoh #Eh. 



Kekeluargaan Yang Sangat Erat

Selepas program saat kalian kembali ke daerah masing-masing, jangan pernah kawatir untuk terlupakan, GMB mempunyai program bulanan menginspirasi sampai program jalan-jalan bersama sehingga dapat menjaga tali silahturahmi antar peserta. Bahkan jika kalian pergi ke berbagai daerah di Nusantara tidak perlu kawatir karena pasti ada anak GMB yang akan menemani. Percaya atau tidak alumni lintas angkatan akan dengan mudah akrab denganmu. GMB punya cara tersendiri mengakrabkan kalian. Kalian juga dapat berkolaborasi dalam menjalankan sebuah proyek komunitas dan berkegiatan sosial kerelawanan dalam membatu serta peduli sesama.

Teman-Teman Luar Biasa

GMB saya akui berisi orang-orang yang luar biasa berprestasi dan menginspirasi. Pemuda yang berpengaruh didaerahnya bahkan tidak henti-hentinya mengukir prestasi. Setiap harinya tidak pernah absen saya untuk melihat postingan teman-teman seperjuangan di GMB terus menorehkan kebermanfaatannya dan capaiannya di bidang masing-masing. Diterima di kampus idaman di luar negeri, lolos beasiswa, konferensi, mendapat penghargaan, bahkan mendapat pekerjaan yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Hal ini menjadi motivasi sendiri bagi saya dan mungkin kalian untuk malu jika hanya diam dan menjadi penonton. Di GMB semangat itu tidak akan pernah luntur. Selalu akan hidup dan semakin kuat. 



Program Homestay/Magang Ke Australia, Jepang, dan Belanda

Siapa yang tidak ingin magang di luar negeri ? sepertinya semua orang berkeinginan untuk memiliki pengalaman kerja tidak hanya dengan partner orang Indonesia namun orang-orang dari berbagai kalangan bahkan negara sehingga akan mendapat lebih banyak pengetahuan serta skills baru. Selepas program homestay, percaya atau tidak kalian akan merasa “tidak ada yang tidak mungkin jika kamu menginginkannya” (kata salah satu teman saya). Hal ini timbul karena semangat dan motivasi melihat dunia yang didapatkan saat program tersebut. Ingat masa mudamu hanya sekali, masak cuman diam dan jadi penonton ?. Betapa indahnya pengalaman mudamu yang begitu mempesona jika nanti menjadi cerita dongeng non-fiksi bagi anakmu kelak.
Kak Ozil, Homestayer Jepang 2016

Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Setiap kita pastinya berharap untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Di GMB tidak hanya melalui YA dan YLFnya membuat kalian menjadi “The New You” tetapi juga selepas program kalian akan merasakan perubahan itu terjadi setiap waktu. Entahlah bagaimana dan dengan cara apa, namun setiap orang mempunyai cara dan proses yang tentunya tidak sama dengan yang lainnya. Temukan bagaimana dengan versi terbaikmu…

Demikian temanku yang baik hati dan selalu bersemangat tentang hal-hal yang akan kalian dapatkan dari YA dan YLF Gerakan Mari Berbagi. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang unik, menarik, bermakna dan bernilai, yang kalian dapatkan hanya dengan bergabung bersama GMB. Kalian bisa juga membacanya di website resmi kami atau cerita-cerita para alumni dan juga postingan mereka. Hal tersebut tidak dapat saya ceritakan karena memang sangat sulit untuk mendeskripsikannya. Jika ingin tau maka jangan sampai kamu meninggalkan kesempatan baik ini untuk bertemu dengan Pemuka Pemuda Indonesia dan menjadi perwakilan daerahmu untuk mengikuti Youth Adventure and Youth Leaders Forum. Rasakan perubahan kalian di latih menjadi Pemimpin yang sesungguhnya. 


I Share Therefore I Am

More Reading : www.g-mb.org








You Might Also Like

0 komentar

Paling Banyak Dibaca

Subscribe