Revitalisasi Perpustakaan Slukat

Minggu, Mei 29, 2016

sumber : slukatbali.org
Hari ini, Minggu 29 Mei 2016 kami bersama-sama untuk menata kembali Perpustakaan Slukat agar lebih menarik dan nyaman untuk menjadi tempat kami membaca. Kami juga menambah koleksi buku di perpustakaan.

Seperti yang kita ketahui bersama saat ini, minat baca anak Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Jika merujuk data yang pernah dikeluarkan Badan Pusat Statisitik (BPS) pada tahun 2012 dijelaskan bahwa sebanyak 91,68 persen penduduk yang berusia 10 tahun ke atas lebih menyukai menonton televisi, dan hanya sekitar 17,66 persen yang menyukai membaca dari berbagai sumber seperti surat kabar, buku atau majalah. Berdasarkan data United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan Ilmiah dan Kebudayaan PBB, pada 2012, indeks minat membaca masyarakat Indonesia baru mencapai angka 0,001. Artinya, dari setiap 1.000 orang Indonesia hanya ada 1 orang saja yang punya minat baca. 
Siswa Slukat Sedang Menata Ulang Buku-Buku Perpustakaan
Di luar data minat baca UNISCO tersebut United Nations Development Proggrame (UNDP) atau Badan Program Pembangunan PBB, merilis bahwa angka melek huruf orang dewasa di Indonesia hanya 65,5 persen, jauh bila dibanding dengan negara tetangga Malaysia 86,4 persen. Berdasarkan hasil penelitian yang sama indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia berada pada posisi 121 dari 187 negara di dunia. Indeks pembangunan manusia sendiri adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia. Sesuai dengan rangking tersebut maka terlihat semakin jauh pula ketertinggalan kualitas dan kompetisi masyarakat Indonesia jika dibandingkan dari berbagai negara yang ada di dunia.

Hal ini juga kami sadari di Slukat, minat membaca anak-anak yang masih kurang dan perpustakaan yang jarang dikunjungi oleh anak-anak. Sehingga diperlukan inovasi dan waktu yang cukup untuk berusaha secara bersama-sama meningkatkan partisipasi anak-anak untuk membaca dan menulis.

Maka dari itu kita bersama-sama ingin meningkatkan minat baca warga Slukat Learning Center untuk membaca di Perpustakaan Slukat. Kami sangat menyadari perkembangan teknologi dimana anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu bermain dengan gadgetnya menyebabkan sulitnya untuk membiasakan anak-anak untuk suka membaca apalagi membiasakan anak untuk membaca setiap harinya. Maka dari itu banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan minat mereka. Jika kalian memiliki buku cerita, majalah, komik, dan buku menarik lainnya yuk kumpulkan dan hubungi saya disalah satu kontak saya yaa...

Yuk teman-teman berkunjung ke Slukat Learning Center dan membaca bersama kami di Slukat. Berbagi ilmu, pengalaman, dan buku-buku kalian kepada anak-anak di Slukat. Ditunggu…

http://www.kompasiana.com
slukatbali.org






You Might Also Like

0 komentar

Paling Banyak Dibaca

Subscribe