Tips PDKT Berasa PLC

Selasa, Juni 07, 2016

Hai kamu...

Iya kamu... Ayoooo,,, kamu siapa ?


Sebenernya susah banget buat kata pembuka ditulisan ini. Energi terkuras untuk berpikir disela-sela ujian (bukan berarti kalau enggak ujian gak berpikir lhoo haha), cuman itung-itung release stress juga, tulisan ini juga karena banyak yang nanyai tentang masalah satu ini, para fans gue (kayak punya aja gitu yaa) #canda HAHAHA 


Gimana sih caranya PDKT sama makhluk unik bernama “ C E W E K “

Well.. mungkin kalian biasanya melihat di internet khususnya Om google tentang cara mendekati cewek, atau cara ampuh dan jitu membuat cewek klepek-klepek. BUT tetep aja hasilnya N I H I L.


Nah kali ini gue dengan keisengan dan kemajemukan pola pikir yang sering membingungkan orang dalam kondisi yang membingungkan di situasi yang membingungkan pula #Apasih

Teori perpaduan dari ilmu baru yang akhir-akhir ini menarik perhatian, ini gue dapatkan dari seorang teman yang gue adopsi menjadi sebuah rangkaian pemahaman yang lebih sederhana untuk diaplikasikan.





Didalam buku Principles of Marketing punyanya Philip Kotler & Gary Armstrong (2008) disebutkan bahwa PLC ini adalah perjalanan penjualan dan keuntungan sebuah produk dalam masa hidupnya (yang ngerti kayaknya Cuma kaum-kaum yang bergelut dibidang Bisnis dan Manajemen kali yaa haha).

Well.. mari kita analogikan ini sebagai sebuah konsep perjalan PDKTmu dengan cewek incaran dalam hidupmu #tsahh
 

Pertama Introduction


Semakin lama Introduction maka akan semakin langgenglah hubungan kalian. Nah pertanyaan sekarang gimana caranya supaya fase introduction bisa terus tumbuh supaya tetap growth?.
Inovasi !

Tata cara inovasi harus elegan dan menarik perhatian cewek.

Pada tahap introduction, profit kamu masih minus guys karena masih perlu banyak waktu dan tenaga serta perjuangan maksimal buat PDKT. Apa itu ?
 

Modal !


Yes, kamu perlu modal buat PDKT guys. Eits modal tidak melulu soal uang lho.

  • Supaya para pesaingmu kalah maka kamu perlu invest lebih banyak modal dari mereka.
  • Semakin banyak modal maka profit kedepan akan semakin banyak yang kamu panen.
Jadi kamu harus punya Modal, jika tidak maka tidak akan berkembang guys.
Modal-Modal tersebut adalah sebagai berikut.
 

Pengertian dan Perhatian

Semua cewek ingin dimengerti dan diperhatikan. Bukan berarti haus perhatian lho guys tapi emang cewek paling suka jika kamu sangat perhatian sama doi. Apalagi doi sibuk dengan dunia perskripsian jadi support dari kamu bakal jadi senjata ampuh buat meluluhkan hatinya atau sedang sibuk dengan organisasinya, mending kamu jadi problem solver-nya dan mendengarkan keluh kesahnya dari pada kamu menuntut untuk senantiasa selalu ada buat dia, sesekali kamu harus ada buat doi. Tapi jangan kelewat posesif, karena kalian baru tahap introduction belum jadian.

 

Waktu yang kamu berikan


Gue akuin ini modal yang bisa bikin para cewek memperhitungkanmu lho guys. Bukan berarti harus selalu ada didekatnya kok. Setidaknya waktu kamu sisihkan dari sela-sela kesibukkanmu dengan duniamu yang lain. Entah itu waktu untuk mendengarkan doi bercerita, atau menemani doi menonton di bioskop. 
Sesibuk apapun kamu jangan lupa untuk memberi kabar karena ini adalah indikator prioritas para cewek. Jalan-jalan ditempat yang doi suka, atau menyempatkan diri untuk mendownloadkan film korea kesukaannya saja sudah menjadi satu hal yang bakal bikin ni cewek jatuh hati. Tapi sesuaikan lagi sama tipe cewek inceran kamu kyk gimana orangnya.

 

Tampang (leh uga tapi gak penting) yang penting bersih dan rapi


Buat kamu yang merasa tampang pas-pas an alias gak ganteng-ganteng amat jangan khawatir guys. Cewek gak liat kamu dari gantengnya kok apalagi tipe-tipe cewek yang visioner. Mereka akan lebih melihat kamu punya masa depan yang jelas atau tidak. Tampang bisa diperbaikin kan (bukan operasi plastik ala-ala Song Jong Ki plis HAHA). Yang penting kamu rapi dan bersih menunjukkan kamu apa adanya lebih mempesona.


Rajin Berolahraga


Percaya atau tidak saat kamu rajin berolahraga doi bakal berpikir “Kesehatannya aja dijaga apalagi Kamu” #kokguegombal HAHA. Intinya jika kamu rajin berolahraga, kamu bakal terlihat lebih fresh dan bersemangat.


Romantis


Wajib buat para cowok punya sisi ini nih guys. Secuek apapun kamu harus punya usaha buat bikin doi merasa kamu memang berniat buat mendekatinya. Mengapa ? karena dari sekian cowok yang menjadi pesaingmu. INGAT teori PLC jika kamu biasa-biasa saja tanpa inovasi maka BAHAYA bisa MATURITY. Yups JENUH jika sudah begitu akan DECLINE. Kalian gak mau kan PDKT kalian berhenti ditengah jalan karena kurang Inovasi kan tujuannya agar terus GROWTH


Maka dari itu perlu sisi Modal romantis !


Romantis tidak harus memberikan sesuatu yang mahal kok ke si cewek. Cukup menjadi seseorang yang humoris guys. Jika kamu bisa membuat doi tertawa lepas setiap ada didekat kalian maka sleppp takluklah dia haha.
Kamu gak harus ikutan audisi Stand Up komedy kok atau tiba-tiba berubah jadi Raditya Dika (plis jangan), be your best self. Garing gak masalah yang penting usaha. Malah yang garing itu ngangenin sumpah. So be confident dengan modalmu ini. Misalnya nih contoh tebak-tebakan garing “kenapa kopi itu pahit ?” “Soalnya kalau manis itu gula” “FIX Gue garing”. Garing kan ? iya emang tapi lucu buat si cewek soalnya kalian udah usaha trus garing trus ketawa udah mission complete ! HAHA

Tapi guys emang tahap Introduction ini itu penuh dengan ketidakpastian, seperti grafik diatas penuh dengan lika-liku. Menguras perasaan, “dia sebenernya suka gak sih ama gue, suka gak sih, suka gak sih, kyknya gue suka sediri deh kyknya gue aja yang berjuang” GITU aja terus ampe bulan jadi kotak HAHA.

Wajar sih guys tapi jangan salah pada tahap kritis ini kalian memang perlu inovasi dan menjadi seorang yang kreatif dengan modal tadi membawa hubungan kalian berkembang sehingga bisa ke tahap jadian dan langgeng ke pernikahan. Banyak hal yang harus kalian korbankan selama tahap yang penuh dilema, menguras uang (kadang-kadang aja kok).


Adapun hal yang harus kamu korbankan untuk sementara (iya sementara setelah jadian dan nikah atur sendiri deh) ditahap ini adalah sebagai berikut.
 

Duit


Tidak dapat dipungkiri kalian para makhluk dengan harga diri yang mumpuni selalu ingin membuat doi senang. Mulai dari mentraktir teman-temannya martabak, bayarin nonton, tarktir makan, beliin gelato, beliin boneka, uang bensin buat antar jemput kyk abang gojek rela jauh-jauh jemput doi, hujan-hujanan, kasi bunga, beli stick note buat ditulisin sesuatu, beliin minum, beliin apalagi yaa gue bingung haha Tapi gak semua cewek mau dibayarin dan dikasi sesuatu lho guys. 
Apalagi barang-barang yang mahal. Be careful! Jangan membelikan sesuatu buat cewek jika ada maunya aja oh NOOOO. Jadi pergunakan uang kalian dengan sewajarnya apalagi kalian yang masih pake duit ortu sebijaknya aja ya, karena cewek itu bakal ngerti kok. Belajarlah bernegosiasi dan komunikasikan bersama.
 

Meninggalkan Hobi dan Kadang Teman


Sepertinya ini sudah sangat umum kamu ketahui guys. Kadang jika tahap PDKT kalian harus mengorbankan hobi kalian misalnya tidur, futsal, games, dota, bahkan teman. Karena memang cewek itu ditakdirkan untuk cemburu dengan hal-hal yang tidak penting termasuk benda. 
Benda aja dicemburuin apalagi manusia, kalau teman kalian itu cewek, plis be wise. Jaga jarak dan pastikan kamu memberikan penjelasan kepada doi kalau kalian hanya teman walaupun kalian belum jadian. Sangat penting ketika kalian PDKT. Sekali lagi sangat penting. Karena cewek itu sensitive sekali kyk pantat bayi jadi kamu harus belajar untuk bernarasi dengan alasan yang sejujur-jujurnya dengan siapa dan sedang apa. Harus ada yang membedakan teman cewekmu dengan si doi jadi harus hati-hati.
 

Jangan Membandingkan dia dengan Mantanmu


Emmm guys ini yang paling sangat harus kamu perhatikan. Jangan membandingkan doi dengan mantanmu apalagi menyinggung masalah mantan terindah. Bhay deh… setiap cewek itu istimewa jadi kamu harus mencari sisi baik inceranmu dengan memujinya tapi jangan berlebihan juga, seperlunya saja. 

Tidak ada mantan diantara kita. Masa lalu ya biarlah berlalu masa depan kita ukir bersama #Tsahhh
 

Ketidakpastian


Well, perasaan mengambang memang akan kamu rasakan difase ini namun percaya atau tidak cowok yang pantang menyerah akan membuat hati doi takluk. 
Karena air bisa memecahkan batu bukan karena sumbernya tetapi karena derasnya dia menghantam setiap hari tetes demi tetes tanpa lelah sampai batu terbelah. Masa kamu kalah sama batu ?
 

Kepo, Kuota dan Pulsa


Kamu rela kepoin dia di sosial media, kode-kode di path, like-like foto Instagram, komen-komen gak jelas, tiba-tiba suka apa yang doi sukai. Film korea, baca buku, suka jogging, suka puisi, cerita sejarah. 
Rela-relain kuota cuman buat stalking profilnya dia biar kamu tau dia sukanya apaan atau buka YouTube saat itu juga biar nyambung diajak ngobrol terkait film korea, atau film barat bergenre action yang bahkan kamu gatau tulisan judul filmya dan telfn-telfnan terutama buat yang berjarak. Trus secara tidak langsung suara kamu bakal halus dan lembut 25% dari biasanya jika sama si doi, segitunya HAHA S A B A R
 

Rela Nemenin Shopping dan ke Toko Buku


Udah jadi abang gojek diminta buat nemenin milihin flatshoes di supermarket haha, bukan diminta lho guys kamu harus punya naluri untuk kasus satu ini. 
Buat kamu yang gak suka baca buku mau gak mau tipe cewek yang suka baca buku gabakal lepas dari bookstore guys jadi kamu harus belajar mencium wangi buku-buku atau alternatifnya kamu ajak doi ke toko buku yang ada sport centernya jadi bisa sambil window shopping kan ? haha jadi emang butuh kreatif guys.

Nah jika semua itu sudah lu lakuin maka tahap growth akan terus berlanjut dan jika tiba-tiba tahap Maturity datang lagi menuju Decline maka kamu harus promosi.
 

Strategi promosi adalah menurunkan Harga


Yups Harga diri haha. Bukan doi gak menghargai kamu guys tapi disini lebih kepada JANGAN JAIM! cewek lebih suka kamu yang tegas dan blak-blakan daripada menutup-nutupi sesuatu, cewek tu selain gampang baper dan tenggelam dalam persepsi, kita itu gengsian parah. 
Jadi kalau kamu jaim dan dia gengsi udah deh DECLINE Bhay gak Growth jadinya, makanya harus ngalah ! Cowok kan udah ditakdirkan untuk selalu mengalah dan salah #EhCandaDenggg hahaha

Kamu harus berani mengungkapkan “Kamu cantik banget hari ini, makasi ya udah dandan cantik buat aku” *Walaupun biasa aja guys, dandan enggak, cantik juga engga haha, bilang aja gitu (sambil ngelus-ngelus kepala doi kyk guguk) udah gitu aja cukup. 
Kalimat yang bakal bikin doi ngerasa lu perhatian. Sound simple tapi buat introvert susah banget kan buat kyk gini. Makanya lu harus coba menurunkan harga diri sedikit demi tahap growth yang lancar sampai puncak kalian jadian. 

Semakin unggul profit dan sebagainya maka posisi bakal star, itu tandanya kamu unggul dari segi pasar sasaran (banyak yang ngincer) doi bakal merasa takut kehilangan dan bakal setia karena kamu berkualitas.

Bagaimana pandangan kita tentang cowok yang berkualitas, berikut sedikit gambarannya (Berdasarkan hasil survey kepada 6 orang cewek, studi kualitatif metode wawancara mendalam dengan instrumen pedoman wawancara mendalam dan pengambilan sample secara purposive random sampling #ketauan banget gue abis dapet matkul medpen wkwkwk) 
hasilnya adalah sebagai berikut, ini gue pilihin yang pendek-pendek dan dominan,sampai tak buatin tabel di M.word guys HAHA. (Ini nih kegabutan gue abis ngerjain tugas bejibun)






Kesimpulannya... 


Jadilah diri sendiri, tahap introduction emang memerlukan modal yang besar dan banyak pengorbanan. Seperti perusahaan start up diawal harus berupaya untuk mengajukan proposal kepada investor-investor. Begitupun kamu jika ingin proposal cintamu diterima maka kemas proposalmu (diri sendiri) dengan baik.
Penuh inovasi, berkualitas, dan menunjukkan keseriusan. Jika perusahaanmu memiliki visi kedepan berpotensi untuk maju dan berkembang menghasilkan profit maka investor tidak akan ragu untuk menerima. Begitu pula dengan cintamu. 
Janganlah seperti sumur yang dalam namun kamu tidak menunjukkannya dengan luas diameternya, bukan juga seperti danau yang hanya terlihat saja luas cintanya namun tidak dalam. Ibaratkan cintamu seperti lautan yang luas dan dalam untuk dia seorang. 
Sama seperti investor cewekpun selektif dalam menerima proposalmu, penuh pertimbangan dan berorientasi kedepan. Ditolak sekali janganlah menyerah karena perjuanganmu pada tahap introduction akan membuat kalian berkembang dengan usaha dan keseriusan itu. 
Profit akan kamu dapatkan dengan perjuangan itu tadi seperti hubungan kalian langgeng nantinya, doi setia, dan kalian bisa membangun keluarga yang samawa. Cewekpun tidak luput dari kekurangan tetapi jadilah pelengkap dari kekurangan itu guys. 

Karena cewek membutuhkan seorang role-model yang visioner bagi dia dan anak-anaknya maka tunjukkan bahwa kamulah role-model yang dia cari #mbuee #tsahh wkwkwkwk

 
Real Success is determined by two factors. First is faith and second is action !



You Might Also Like

0 komentar

Paling Banyak Dibaca

Subscribe