Tulisan Untuk Para Penyelamat Sanitasi di Gedung Kuliahku !

Senin, April 25, 2016

Health is Something but Without Health Everything is Nothing !

Mereka membersihkan didepan kita semua

Gedung kuliah yang bersih pastinya menunjang aktivitas perkuliahan. Karena lingkungan kelas bersih dan sehat membuat suasana hati menjadi tentram dan menjaga konsentrasi saat belajar.
Terima kasih yang sangat mendalam aku ucapkan tanpa henti setiap harinya kepada pegawai kebersihan gedung kuliahku yang senantiasa menjaga ruangan disekitar tetap bersih.
Hatiku bergetar, entah apa yang aku pikirkan saat melihat dua orang ibu yang sedang membersihkan layar LCD didepan mataku hari ini…
Diruang kuliahku setiap harinya, kali ini aku merasakan betapa perjuangan seorang ibu untuk bekerja mencari penghasilan untuk keluarganya. Sungguh aku sangat mengapresiasi dan bangga akan perjuangan sosok ibu ini. Aku membayangkan apabila dia adalah ibuku, sungguh tidak tega rasanya membiarkan sosok ibu ini diperintah-perintah oleh atasannya untuk membersihkan layar LCD didepan semua mahasiswa pada hari ini…
Entah apa yang bisa aku berikan, kecuali rasa terima kasih karena tanpa rasa malu dan canggung membersihkannya didepan kita semua…
Inilah tentang perjuangan seorang ibu yang mencari nafkah untuk keluarga demi menghidupi anaknya. Aku berkesempatan berdialog dan mengucapkan rasa terima kasih kami atas dedikasinya terhadap kebersihan. Mungkin terkadang terbesit dalam benak ibu-ibu ini bahwa kita para mahasiswa terlihat merendahkan beliau. Bercerita dengam beliau membuatku semakin mengerti bahwa hidup itu memang butuh perjuangan, kadang terlihat sungguj tidak adil !
Adilkah hidup bagi mereka ?
Menurutku tidak, namun betapa diluar dugaan, para ibu-ibu hebat ini tidak pernah mengeluh namun sebaliknya memberikan aku nilai kehidupan yang mungkin belum pernah dikatakan oleh kedu orang tuaku. Mereka mencintai pekerjaannya karena ini adalah satu-satunya sumber penghasilannya untuk menghidupi keluarga. Tidak ada pilihan lain. Aku yakin semua mahasiswa begitu juga dosen berterima kasih atas semuanya. Begitupun aku yang selalu menundukan kepala dan mengucapkan selamat pagi ketika datang untuk masuk ke ruangan kelas. Bukan berarti aku rendahan namun aku tau mereka lebih tua dariku dan aku memghormati beliau selayaknya keluarga. Karena aku yakin akan konsep Tat Twam Asi dan Karma Phala.


Semoga anak yang harus ibu biayai sekolahnya dapat sukses dan meraih cita-cita sehingga dapat mengangkat derajat ibu di masyarakat. 

Tidak lagi direndahkan...
Tidak lagi harus memilih tidur dipojokan ruangan beralaskan ubin lantai...
Tidak lagi harus membersihkan ruangan kami dengan cara sedikit membuat ibu merasa tersinggung...
Tidak harus memikirkan uang makan setiap harinya...
Tidak harus mengalami penyiksaan batin...

Ibu berjuanglah, anakmu pasti bangga dengan perjuanganmu !

Salam
Mahasiswa biasa yang mengagumi perjuanganmu !

You Might Also Like

0 komentar

Paling Banyak Dibaca

Subscribe