Selamat Hari Bumi #Camp2

Jumat, April 22, 2016



Hai Greener….

Satu bulan selepas Youth Climate Change Hero Camp #2 yang dilaksanakan oleh Little Circle Foundation (LCF) Indonesia (LittleCircleFoundation.org) memberikan banyak pengalaman yang berarti bagi saya dan tim.
Sebagai mahasiswa biasa yang menghabiskan waktu luang untuk membaca buku non-fiksi, sesekali juga ingin berbagi dengan menulis.
Youth Climate Change Hero Camp #2 (BOF Bedugul)

Youth Climate Change Hero Camp adalah sebuah camp mempertemukan generasi peduli lingkungan. Inisiator muda dengan segudang ide penuh inspirasi. Proyek-proyek sosial menggagas tentang cara sederhana untuk dapat lebih bermanfaat bagi penyelamatan bumi. Well…
Camp ini diikuti oleh beberapa inisiator proyek yang luar biasa dengan kontribusi nyatanya kepada lingkungan sekitar. Mafin project (Semarang), 1000 Mangrove for better future (Malang), Bring your own tumbler, No More Plastic Bag, GMB Edugreen (Bali), Selamatkan pantai kita (NTT), Bamboo untuk masa depan kita (NTB).

Bersama Pemateri dan volunteers LCF
 Acara diisi dengan materi pelatihan tentang menginisiasi proyek sosial yang baik. Seminar dan LCF mendatangkan beberapa pembicara dari kalangan pengusaha, akademisi sampai aktivis sosial serta lingkungan. Camp ini berlangsung selama 3 hari 2 malam di Bali Outbund and Farmstay Baturiti Tabanan. Tempat yang asri dan hijau. Suasanan camp ditempat paling dingin di Bali ini terasa begitu hangat kekita kita dapat saling berbagi dalam kebersamaan. Duduk bercengkrama dan bermain bersama. Tentunya pengalaman seperti ini jangan sampai terlewatkan sebagai generasi muda yang memiliki semangat perjuangan tinggi serta ide-ide yang dapat direalisasikan demi bumi yang lebih baik.
Saya adalah mahasiswi biasa yang mencintai dunia kesehatan sejak dulu, namun banyak yang bertanya mengapa begitu gencarnya saya mengkampayekan penyelamatan lingkungan…
Salah satu indicator penting dalam dunia kesehatan yang berpengaruh terhadap kesehatan adalah lingkungan. Jika lingkungan bersih, asri dan cukup layak untuk ditempati serta menghidupi seseorang maka akan terjaga kesehatan dari orang tersebut.
GMB Edugreen Bersama KK & Mbul'Hipwee (Project Management Expert)

Lingkungan mencerminkan penghuninya dan terkadang hal ini berhubungan dengan sanitasi. Sehingga kecintaan saya terhadap dunia kesehatan akan didukung dengan hobi saya untuk ikut andil dalam penyelamatan bumi. Well.. disamping itu menurut pandangan saya, hendaknya sebagai manusia yang dilimpahkan sumber kekayaan yang luar biasa di Negeri kita tercinta ini, tidakkah terbesit untuk ikut bersama-sama saling membahu memberikan sesuatu bagi bumi kita ?. Mulai dari diri-sendiri, sangat sederhana dan tidak harus langkah besar mengawali, awali saja dnegan langkah-langkah kecil penuh makna. Karena menjaga lingkungan adalah tugas dan kewajiban kita semua…
Untuk menyelamatkan bumi kita ini tidaklah perlu langkah-langkah yang harus tertunda karena sifatnya harus dilakukan pada skala besar dan menunggu sampai adanya partisipasi tinggi dari semua kalangan.
Memberikan kontribusi secara nyata dalam mewujudkan bumi yang lebih baik dapat dimulai dari diri sendiri. Berikut sedikit mengenai langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi kita.

Berpartisipasi dalam kegiatan sosial-lingkungan seperti Youth Climate Camp, Menanam Mangrove Bersama, Beach Clean Up dan sebagainya
Menanam 250 Mangrove bersama beberapa Komunitas di Bali
Good Deeds Day kita isi dengan beberapa kegiatan
Beach Clean Up #1 bersama anak-anak Slukat Learning Center
Dalam forum-forum seperti ini, isu-isu terbaru tentang lingkungan akan dapat memperluas dan memberikan tambahan ilmu bagi kamu-kamu yang ingin berpartisipasi dalam langkah menghijaukan kembali bumi kita. Selain dapat memperluas pertemanan, forum ini juga pastinya akan memberikan ruang bagi kamu untuk belajar tentang mencari solusi terhadap permasalahan yang sedang kita hadapi bersama serta berkolaborasi dengan komunitas-komunitas di daerahmu saat acara tersebut berlangsung. Kesinergisitasan dari keberlangsungan langkah-langkah kecil penyelamatan bumi akan sangat berarti untuk kedepannya.
Keceriaan saat YCCHC #2 di BOF Bedugul
Sebisa mungkin untuk “Paperless”
Haii teman seperjuangan, sering nugas dan mencetak sesuatu bukan ? bisa mulai menggunakan kertas bekas atau menggunakan kertas buram. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pemakaian kertas yang terlalu banyak karena akan membutuhkan pohon yang lebih banyak lagi. Mengirim tugas juga bisa via e-mail jika memungkinkan untuk kalian bernegosiasi dengan dosen secara bersama-sama menerapkan metode sederhana ini. Punya slide PPT yang harus dipelajari ? bisa lewat gadget canggih kalian kan kawan ? sepertinya tidak perlu diprint jika bisa ditulis di notebook atau kertas kecil yang kalian bawa kemana-mana.
Mencabut saluran listrik (Charger, power strip dll)
Membiarkan saluran yang tidak terpakai itu setiap harinya tetap memakan daya sehingga membuang-buang daya listrik. Untuk menghematnya langkah sederhana untuk mencabutnya saat tidak digunakan adalah langkah yang bijak. Diingatkan juga untuk mematikan lampu jika tidak memerlukan penerangan khususnya pada siang hari.
Gunakan sepeda jika jarak tujuanmu tidak terlalu jauh.
Menggunakan sepeda saat bepergian akan sangat ramah lingkungan ditabah gaya hidup sehat karena dapat menjaga kesehatan tubuh (olahraga). Emisi gas karbon yang dikeluarkan oleh kendaraan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Hal ini dapat memperparah bumi apabila tidak adanya kesadaran dari semua kalangan. Ditambah banyaknya kendaraan yang memadati jalan setiap harinya.
Bawa tas sendiri saat berbelanja (No More Plastic Bags)
Kantong plastik berbayar lho kawan ? sepertinya sudah tau semua yaa
Yupsss langkah ini diambil oleh pemerintah karena isu sampah plastik merupakan isu yang berlarut-larut, segala solusi telah diterapkan namun belum dapat diatasi secara tuntas. Sehingga perlu banyak partisipasi serta dukungan dari berbagai pihak termasuk masyarakat untuk mengurangi sampah plastik yang membahayakan bumi. Langkah kecil adalah menggunakan tas kain (Goodybag) pengganti kantong plastik saat berbelanja. Meminimalkan penggunaan kantongplastik dapat mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah plastik yang masih sulit kita kelola bersama.
Membawa botol minum..
Botol minum penting sekali untuk mengurangi penggunaan “Small single bottle plastic everyday” hal ini akan snagat bermanfaat karena pengguna botol plastik setiap  harinya sangat banyak sehingga untuk mengurangi perlunya kebiasaan menggunakan botol minum (Tumbler) yang dapat diisi ulang setiap harinya. Botol dapat dicuci secara rutin untuk menghindari diare.
Menanam di rumah..
Tidak peduli rumahmu sesempit atau seluas apapun menaman adalah kegiatan sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menghijaukan lingkungan, setidaknya lingkungan perumahan. Akan sangat berarti apabila setiap orang disetiap rumah terdapat budaya peduli lingkungan sejak dini dengan menanam pohon/bunga/tanaman jenis lainnya akan membentuk karakter keluarga menjadi sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.
Jangan Membuang-buang Makanan.
Makanan yang telah diambil untuk disantap sebaiknya dihabiskan, atau mengambil sedikit demi sedikit. Karena apabila tidak menghabiskan makanan dan harus dibuang maka kita telah mensia-siakan nikmat yang telah diberikan Tuhan akan rezeki makanannya. Padahal diluar sana masih banyak orang yang membutuhkan. Atau jiika harus dibuang maka dapat dijadikan kompos tanaman.

Sebarkan informasi/campaign/sejenisnya tentang penyelamatan bumi
Walaupun setiap orang sudah mengetahui hal ini namun tidak banyak yang mau untuk berbuat, lupa, malas, bukan bidang saya, bukan urusan saya. Beberapa alasan klasik tak ada gunanya, sehingga ketika kamu mengetahui informasi mengenai cara dan info terbaru mengenai lingkungan jangan sampai dengan untuk membagikannya kepada orang lain. Melalui sosial media, teman ke teman dan lainnya.

Lebih lengkapnya dapat dilihat pada @GlobalGoalsUN (un.org)
bisa kunjungi (slukatbali.org) :)

LANGKAH SEDERHANA YANG DAPAT DILAKUKAN MULAI DARI DIRI-SENDIRI UNTUK BUMI YANG LEBIH BAIK :)

SELAMAT HARI BUMI (22 APRIL 2016)




You Might Also Like

0 komentar

Paling Banyak Dibaca

Subscribe