Sharing & Learning di Slukat learning Center (Ngobrol Bareng GMB #5)

Minggu, Oktober 28, 2018





Pada tanggal 28 Oktober 2018, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Gerakan Mari Berbagi kembali mengadakan ngobrolbarengGMB yang keenam bersama dengan Diah Desvi, Miss Internet Bali 2018 dengan tema bagaimana cara menggunakan teknologi dan media sosial dengan bijak agar bisa mengembangkan diri/komunitas secara lebih baik. NgobrolbarengGMB#5 yang diadakan pertama kali di Bali ini bekerjasama dengan Yayasan Slukat learning Center (www.slukatbali.org) dihadiri oleh beberapa perwakilan komunitas, seperti Relawan Kakak Asuh Bali, Slukat Student Organization, dan juga siswa SMP/SMA disekitar wilayah Kabupaten Gianyar. NBGMB#5 yang dilaksanakan selama dua jam ini dimulai dengan pengenalan GMB kepada peserta yang dilanjuti sesi ngobrol bersama Diah. 



Dalam sesi ngobrol, Diah membuka sesi berbaginya dengan kalimat “ Disini siapa yang punya Facebook?" 


Tentunya, tak dapat dipungkiri dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, anak SD pun sudah memiliki sosial media untuk berkomunikasi jarak jauh. Bukan hanya itu, banyak diantara peserta yang hadir menggunakan internet untuk mengisi waktu luang seperti bermain game online sampai menonton YouTube. 



Diah menyampaikan bahwa maraknya pengguna sosial media yang tidak bertanggung jawab di "dunia maya", hendaknya kita bisa memilah dengan lebih berhati-hati sehingga tidak menjadi bagian dari kaum penyebar HOAKS. 




Terdapat beberapa hal yang dapat dipelajari dari acara NgobrolBareng GMB #5 ini;


  • Penggunaan Internet oleh generasi Milenial dan Z yang lebih menyukai hal berbau instan tentunya menimbulkan dampak positif dan negatif. Sehingga dalam penggunaannya harus lebih bijak.
  • Penggunaan sosial media harus dengan kesadaran penuh dimana terdapat hal-hal yang tidak semestinya disebarkan melalui social media, misalnya permasalahan yang sangat pribadi dan rahasia yang dapat menimbulkan masalah baru.
  • SMART menggunakan sosial media bisa digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi seperti informasi mengenai lomba dan juga keperluan pendidikan/pekerjaan.
  • Sosial media juga merupakan ruang untuk branding diri/komunitas serta menginspirasi teman-teman. Jika smart menggunakan media sosial maka akan sangat terasa perubahannya terlebih di zaman yang semakin modern ini ini kita dapat dengan mudah terhubung dengan sanak keluarga serta berkomunikasi jarak jauh.
  • Lebih berhati-hati memilah informasi di media sosial terkait maraknya penyebaran hoaks dan berita-berita terkait politik yang dapat menimbulkan perpecahan. Pilah dan pilih media/berita yang menyajikan informasi terpercaya. 




Tentunya dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat hidup kita menjadi lebih mudah, tidak hanya dalam hal berkomunikasi, tetapi juga mencari informasi yang dibutuhkan menjadi begitu gampang/instan. 

Diah pun menutup sesi NBGMB#5 ini dengan kalimat“ #kidszamannow harus bisa memilah dan memilih informasi di media sosial sehingga tidak menyebarkan berita/informasi yang keliru, gunakan media sosial untuk kegiatan positif seperti mencari informasi lomba, mengembangkan diri dan/atau untuk keperluan pekerjaan/pendidikan“.



NgobrolbarengGMB adalah program intensif sharing and networking yang diinisiasi oleh Gerakan Mari Berbagi (GMB) dengan tujuan menambah pengetahuan komunitas dan meningkatkan semangat berbagi dalam perbedaan.

Senang rasanya dapat mengajak salah satu sahabat baik saya untuk ikut menginspirasi dan memotivasi anak-anak di Slukat Learning Center. Tidak pernah ada kata terlambat untuk berbagi dan menebar kebaikan. Selama proses belajar itu masih berlangsung, nikmati... Jangan lupa untuk berbagi kepada lingkunganmu :)

Tunggu Sharing & Learning selanjutnya di Slukat Learning Center dengan Pembicara yang tidak kalah stunning!!

Karena dengan berbagi maka kamu ada...


-Mari Bijak Bersosial Media-

You Might Also Like

0 komentar

Paling Banyak Dibaca

Subscribe