Pengalaman Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS 2022 (1)

Senin, Mei 16, 2022


Pertama kali denger kalau CPNS bakal ada pelatihan dasar, aku udah mikir bakalan flashback lagi gimana pengalaman mengikuti pelatihan bela negara di beberapa program terdahulu. Tentu yang masih fresh itu, pembekalan sewaktu SSEAYP yang masih sangat berkesan dan penuh kenangan plus gak enaknya banyak. Cuma ya gitu menjadi keren luar biasa itu biasa ada gak enak pada prosesnya one step ahead rasanya, Thank SESKOAL dan kenangannya hoho much love banget kalau diinget-inget. 

Jengjeng...

Awalnya tgl. 10 Mei, terus diundur deh 11 Mei 2022 (pemanggilan Latsar) 


Sempat kaget karena tiba-tiba ada pemanggilan pada Gelombang I Angkatan I dan II, ada namaku disana uwaa rasanya baru sebulanan masuk kantor ditambah libur lebaran kemarin kok udah Latsar aja ya hiks belum rasanya kenal sama teman kantor udah cus Latsar aja...

Kirain bakalan di akhir tahun, ternyata secepat ini. Pembelajaran Latsar angkatanku dilakukan dengan metode Klasikal, ada juga yang Non-Klasikal jadi semi daring-luring pakai MOOC. 

Dimana metode pembelajaran klasikal yang aku ikuti ini, dilakukan secara luring/langsung tentu dengan penerapan prokes yang ketat yaa. Latsar ini bertempat di Kampus BKPSDM Provinsi Bali yang berlokasi di Jl. Hayam Wuruk Denpasar. 

Ayo... udah ada yang pernah belum kesini atau sekedar lewat?  

Kebetulan kampus tempat Latsar ini merupakan Gedung yang dipakai para peserta CPNS mengikuti tes CAT CPNS setipa tahunnya, termasuk DIklat PIM buat pejabat, astungkara aku ikut nanti diklat ini ya uhuk hehe. 

Rasanya tentu sangat bersyukur, kerap kali melihat sekeliling gedung di BKPSDM, gak pernah menyangka bakalan balik lagi kesini buat melanjutkan perjuangan menuju 100% PNS, terharu plus masih gak nyangka aja, baru aja kemarin jungklang-jungkling belajar buat SKB hoho. Memang betul, prosesnya tidak singkat dan pastinya penuh perjuangan. Semoga kedepannya senantiasa dilancarkan, AMIN. 

Okay balik lagi..

Seminggu sudah berlalu, Latsar diawali dengan kedatangan para peserta pada tanggal 11 Mei 2022 dari berbagai sektor. Jadi kebetulan Angkatan I dan II terdiri dari 2 OPD. Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kota Denpasar. Pembukaan Latsar pada tanggal 12 Mei 2022 bertempat di Gedung Melati BKPSDM Provinsi Bali diikuti oleh seluruh CPNS dari seluruh kabupaten di Bali. Termasuk beruntung jadi bisa ikut pembukaan secara langsung, sementara yang lain mengikuti secara Daring.

Upacara Pembukaan, memakai Pakaian Adat Bali


Minggu pertama disini, diisi dengan sesi kelas oleh para Widyaiswara lebih banyak pengenalan dan juga pembentukan mental. Kelas sedikit terasa lebih santai namun tetap disiplin, dibandingkan ekspektasi yang terbentuk selama ini. Sejauh ini, kita diminta untuk membuat yel-yel angkatan, menghafal Senam Sat Kerthi Loka Bali, Visi-Misi Pemerintah Provinsi Bali (Nangun Sat Kerthi Loka Bali), Lagu Nangun Sat Kerthi Loka Bali, menghafal Panca Prasetya Korpri, Menghafal Hymne Pamong Abdi Praja, dan juga baris-berbaris (PBB).

Kegiatan sehari-hari rasanya super produktif. Semua serba diatur dengan baik dan terjadwal, dimana jam makan 3x sehari dan snack pagi dan sore, jadi ya gitu gak perlu khawatir bakal kelaparan kecuali kalian sibuk banget ngerjain tugas jadi lupa ngambil snack hehe

Setiap harinya, kegiatan diawali dengan pembinaan fisik yang dibimbing oleh Satpol PP Pemerintah Provinsi Bali pada pukul 05:00 AM sudah berkumpul. Namanya juga anak baru, pukul 04:00 AM rasanya udah ada yang jalan di lorong asrama wkwkwkw padahal aku baru aja bangun dan mengumpulkan energi, memang ini peserta Latsar rajin-rajin bener dah haha.

Ini baru pertama kali makan malam, selanjutnya mah gak boleh ngobrol apalagi main hp XD


Kemudian dilanjutkan dengan sarapan dan Apel Pagi, setelah itu langsung menuju ke kelas masing-masing.   

Kami diwajibkan ber-Asrama di Gedung Jempiring dan Gedung Padma. Satu Kamar terdiri dari 2 orang. Kelas Angakatan I berlangsung di Gedung Padma lat. 3, sedangkan Kelas Angkatan II berlangsung di Gedung Jempiring Lat.3. Walaupun kegiatan Latsar dilaksanakan bersamaan, Angkatan I dan Angkatan II dilaksanakan pada Kelas yang berbeda. 

Suasana di BKPSDM pada sore hari


Tenang saja, kamar Asrama disini super nyaman. Kasur yang empuk, ber-AC, ada meja rias dan meja belajarnya, super nyaman aja menurutku jadi bakal betah aja. Bahkan ada tempat canangnya untuk sembahyang (bagi umat Hindu). Toilet bersih dan cukup nyaman dengan design belakang kamar terdapat jemuran langsung mendapat terik sinar matahariseharian. Jangan lupa bawa detergen dan setrikaan ya. Rasanya mencuci dan setrika sendiri akan lebih ringkas. Jasa laundry ada di Koperasi kantor di bawah deket tempat makan (Gedung Padma) tetapi ya namanya momen, kadang harganya sedikit lebih mahal. Bisa dipertimbangkan sesuai kebutuhan, kalau aku sendiri dan roomateku memilih untuk mencuci sendiri dan nyetrika pasa ada kesempatan biasanya malam hari setelah mandi. Kebetulan cuaca terik, jadi cuci malam, kadang sore hari besoknya sudah siap untuk disetrika. 

Kamar No. 22 di Gedung Padma Lantai 2


Walaupun kelas berbeda, Widyaiswara (dosen) yang mengajar tetap sama namun dengan waktu yang berbeda. Pembinaan fisik setiap pagi juga kami lakukan bersamaan, tidak lupa ada Apel pagi pukul 07:00 AM dan Apel malam pukul 08:00 PM. 

Dateng terlalu pagi jadi masih kosong deh ruangannya hehe


Setelah pembelajaran sesi pertama, kita makan siang bersama dengan disiplin dan pada waktu yang bersamaan, ini berlaku setiap makan 3x sehari dan snack 2x sehari. Jadi ada ketua angkatan yang akan memandu kegiatan sebelum dan sesudah makan (menyiapkan dan mimpin doa). Setelah makan, kita kembali ke kelas dan mengikuti sesi pembelajaran sampai sore hari sekitar pukul 06:00 PM dan dilanjutkan dengan makan malam serta Apel malam. Setelah Apel malam pukul 08:30 PM kita akan kembali ke kamar masing-masing untuk mengerjakan tugas mandiri atau tugas kelompok tergantung kebutuhan. Ada juga teman-teman yang memanfaatkan waktu untuk menghafalkan lagu atau senam di lorong kamar haha.  

Untuk pemimpin laporan di kelas sebelum sesi dimulai dan saat sesi makan, selain ketua, ada juga jadwal piket. Dari 35 orang dalam satu angkatan dibagi menjadi 6 kelompok. Keenam kelompok ini bertugas piket setiap hari Senin-Sabtu. Pada hari minggu kemarin, karena Seninnya libur (Hari Waisak), kami diizinkan untuk pulang dan kembali lagi ke Asraman Senin sore harinya, tapi biasanya kata panitia, peserta akan disibukkan dengan tugas di hari minggu, kebetulan minggu ini gak terlalu banyak tugas. 

Apa saja tugas anggota yang piket?

Setiap anggota piket, bertugas untuk memastikan Widyaiswara hadir di kelas, mempersiapkan kelas, memastikan makan dan snack siap untuk semua. Memimpin Apel pagi/malam, memberikan laporan kepada coach di kelas, dan juga keperluan lain yang berkaitan. Pembelajaran mengutamakan pemanfaatan teknologi, jadi sebagian besar kegiatan belajar menggunakan Laptop, jadi buat kalian yang mau segera Latsar, bisa cek perfotmance laptop kalian usahakan dalam keadaan baik. Tenang saja karena setiap kelas sudah ada colokannya, kalau mau lebih tenang ya bawa ekstra cuk roll ya hehe

Galau juga sempet kemarin, tumbler tumpah jadi kena perangkat digital. Alhasil, charger laptop rusak untung aja yang lain masih aman. Oiya jangan lupa bawa Tumbler yang suka haus di kelas dan alat persembahyangan/ibadah ya. 

Presensi kehadiran di kelas menggunakan QR-code dari aplikasinya BKPSDM yang bernama SIKA, semua media, pengumpulan tugas, jurnal pelatihan, dan juga materi ada disini semua. Bahkan kita bisa mengetahui daftar nama Widyaiswara (dosen/coach) pada aplikasi ini, jadi ya bisa dibilang semua jadi lebih mudah aja serba online.  

Angkatan II foto bersama sebelum Apel Pagi di depan Gedung Jempiring 


Minggu pertama ini rasanya pengalaman yang menyenangkan, udah lama gak ikut beginian apalagi lari dan senam subuh-subuh haha. Diawali dengan pembekalan Wawasan Kebangsaan, Nilai-Nilai Bela Negara, dan Isu-isu Kontemporer. Kelas lebih banyak pengenalan dan pembentukan karakter yang membuka pikiran para peserta untuk dapat disiplin waktu dan memantapkan niat agar dapat mengikuti Latsar ini dengan baik. 

Egyk, Novy, Widia, Desak (Teman Seperjuangan di RSJ Prov. Bali)

Outfit untuk Pembukaan Latsar :)

Jangan lupa sembahyang dan kalau mau bisa ngaturin Pejati :)

Outfit baru dateng Latsar hoho tetep kalem


Sampai jumpa di cerita Latsar selanjutnya...




You Might Also Like

0 komentar

Paling Banyak Dibaca

Subscribe