5 Tips Hemat Anak Kost

Minggu, Mei 27, 2018


Pasca kuliah, aku memutuskan untuk kost (akhirnya), walaupun sebenarnya jarak rumah dengan tempatku sekarang tidak terlalu jauh. Tetapi, sayang aja kalau dalam hidup belum punya pengalaman jadi anak kost, apalagi kalau nanti bakal benar-benar jauh dari orang tua (beda benua cie, siapa tau kan). Jika dulu sewaktu kuliah belum merasakan jadi anak rantau, sepertinya wajib-ini benar-benar bisa menempa diri-sendiri. Tujuannya sederhana, bisa lebih mandiri lagi dan lebih fokus mengembangkan diri.

Sejak kuliah dulu, aku selalu melakukan perencanaan keuangan sederhana dan menjadi lebih terstruktur dengan rapi sekarang. Berikut aku bagikan beberapa cara untuk mengatur keuangan anak kost (berdasar pengalaman pribadi) supaya tetap bisa menabung dan jalan-jalan uwaa. Bakal jarang-jarang dahh makan mie instan (ini kurang sehat, sesekali boleh aja).

Menyiapkan Anggaran

Setiap bulan, kalian harus menyiapkan berapa anggaran kira-kira yang akan digunakan dibulan selanjutnya. Anggaran tersebut berdasarkan kebutuhan sehari-hari, jadi kalian bisa mencatat kebutuhan yang pasti akan dikeluarkan setiap bulannya misalnya membayar kost, keperluan makan, pulsa/kuota, keperluan pribadi/mandi, transportasi (bensin, dll), parkir dan lainnya. Kalau bisa boleh juga ditaruh didalam amplop atau dompet uang yang akan digunakan untuk belanja dalam satu bulan sehingga tidak akan kebablasan.


Anggaran ini juga bisa termasuk uang untuk menyalurkan hobi (membeli buku, membeli senjata games, arisan dst) dan sedikit untuk jalan-jalan. Jadi jangan kerja mulu sampai lupa menikmati hidup terutama kalau masih muda, jalan-jalan itu wajib karena masa muda cuma sekali percayalah kehidupan akan berubah dratis setelah menapaki tingkat hidup selanjutnya. Pilih aja tempat jalan-jalan yang murah meriah, membeli barang yang serba murah yang penting tidak mengurangi fungsinya (diskon).


Mandiri, Mandiri, Mandiri


Mencuci baju sendiri (jangan laundry-itung-itung latihan lengan haha), memasak sendiri, kalau bisa semua kerjakan sendiri karena ini benar-benar membuat kalian bisa berhemat. Jadi usahakan memilih tempat kost yang murah, lengkap dengan dapur, dan toilet di dalam. Dengan memasak sendiri pun kalian bisa memilih variasi lauk-pauk setiap harinya ditambah mengatur kesehatan dan nutrisinya. Cukup makan Nasi, Telor, Sayur, Tahu-Tempe, Ikan-Ayam (2-3 kali seminggu cukup banget).

Cukup minum air putih, buat teh-kopi sendiri di kost aja biar hemat. Kalau aku ni biasanya membawa botol minum kosong ke kantor dan membawa botol minum penuh saat pulang kost. Jadi setidaknya hemat air minum 5.000/hari untuk beli air minum kan. Aku pun selalu membawa botol minum kemana-mana supaya hemat kalau sedang dijalan.

Jangan sering-sering nongkrong ditempat mahal (boleh sesekali aja), ingat semasih muda apalagi masih fresh didunia kerja, penting untuk menjaga hati sejak dari pikiran mesti hemat haha. Mending merasa sulit dulu nyamanya nanti kalau sudah cukup stabil.

Tambah lagi, hemat memakai kuota internet, kalau bisa gunakan dengan bijak supaya benar-benar tidak menghabiskan uang hanya untuk kuota internet setiap bulannya padahal dipakai cuma untuk hal-hal yang tidak terlalu penting dan bermanfaat. Lebih baiknya kalau di tempat kerja sudah ada WiFi, sepertinya 5 GB perbulan lebih dari cukup :)

Punya Dua Rekening 


Jikalau ingin memiliki tabungan, menurutku kalian wajib memiliki dua rekening. Satu untuk menabung dan satunya lagi untuk menyimpan anggaran dalam satu bulan. Nahh, jika dalam rekening anggaran tersebut setiap bulannya kalian bisa menghemat sehingga bisa meyisakan sedikit uang, disana kalian bisa gunakan untuk memberikan hadiah kepada diri-sendiri seperti membeli baju atau jalan-jalan. Rekening tabungan benar-benar anggap saja tidak ada keberadaannya. Jangan disentuh apalagi dikorupsi sedikit-sedikit, JANGAN. Gunakan rekening ini benar-benar untuk investasi (misalnya untuk deposito, membeli emas, saham, reksadana, obligasi dll) serta sisanya biarkan mengendap. 


Membandingkan Anggaran dengan Pengeluaran


Ini sangat penting, menurutku mencatat segala pengeluaran itu dapat mempermudah dalam menyusun anggaran kedepannya. Jangan simpan dalam otak saja, karena pasti lupa. Catat dan bandingkan dengan anggaran yang telah kalian siapkan di awal bulan. Dengan begini, maka akan dapat dilihat bagian mana yang seharusnya bisa lebih dihemat dan bagian mana kalian sebenarnya bisa gunakan lebih. Termasuk parkir.

Belanja Sesuai Kebutuhan



Belajar untuk belanja sesuai dengan apa yang benar-benar kalian butuhkan, disarankan untuk belanja sebulan sekali dengan mengecek barang yang dibutuhkan, kalau sisa gak usah beli. Jangan lapar mata apalagi membeli sesuatu karena merasa ingin mengikuti jaman. Well, setiap waktu jaman akan berubah jadi kalau budget tidak memadai jangan gaya-gayaan untuk membeli sesuatu yang lagi hits. Boleh saja kalau gaji/kondisi keuangan memadai, tetapi jangan sampai berhutang apalagi menghabiskan gaji semuanyaa dalam sebulan tanpa menabung. Ini bahaya, jangan sampai sudah bekerja sekian bulan/tahun tetapi tidak merasakan hasilnya…


Semangat anak kost, pasti bisa…. 

You Might Also Like

0 komentar

Paling Banyak Dibaca

Subscribe